Sabtu, 17 Desember 2011

Have You Ever Been Nothing?

When the light goes off, you have no light to make it brighter.
Have you ever been nothing?

When hunger comes by, you have nothing to swallow.
Have you ever been nothing?

When the world stops spinning, you think it's just an illusion.
Have you ever been nothing?

When the people start to have a long run, you still walk in your place.
Have you ever been nothing?

When the people expect you to do more, you just give it in.
Have you ever been nothing?

When the people encourage you, you pretend not to hear it.
Have you ever been nothing?

When the people believe in your ability, you break their belief.
Have you ever been nothing?

When the people start not to care about you anymore, you judge them cruel.
Have you ever been nothing?

Yes, I have.

Sabtu, 22 Oktober 2011

TERMS AND CONDITIONS

WANNA GRAB THE PRIZES? CHECK THIS OUT FIRST ;)


==========================================================================



DEMOGRAFFITY : Gambaran Kependudukan di Indonesia

1.      LOMBA ESSAY
Tema  : STRATEGI MENGHADAPI MASALAH KEPENDUDUKAN DI INDONESIA
            Subtema         :
1.      URBANISASI PASCA HARI RAYA
2.      LEDAKAN PENDUDUK INDONESIA
3.      KEPADATAN PENDUDUK DAN MASALAHNYA BAGI KESEHATAN
Sasaran          : Siswa SMA/Mahasiswa/Umum

KETENTUAN DAN SYARAT LOMBA:
  1. Essay yang dibuat merupakan karya asli (orisinil) dari penulis
  2. Essay ditulis secara individu
  3. Isi Essay harus sesuai dengan salah satu subtema yang telah ditentukan panitia dan tidak boleh mengandung unsur SARA
  4. Essay ditulis dalam Ms. Word, Font Times New Roman, pt. 12, spasi 1,5, dan minimal 800 kata dengan maksimal 2000 kata
  5. Naskah harus asli, bukan saduran atau terjemahan, belum pernah dipublikasikan dan isinya merupakan tanggung jawab peserta.
  6. Naskah belum pernah/tidak sedang diikutkan dalam lomba penulisan lainnya dan belum pernah dipublikasikan di media apapun
  7. Essay ditulis dalam Bahasa Indonesia sesuai EYD, sederhana, komunikatif, dan mudah dimengerti.
  8. Jika ada dalil yang mendukung atau sumber dapat disampaikan dalam footnotes/ lampiran.
  9. Essay yang dilombakan menjadi hak panitia.
  10. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
  11. Essay peserta dikirimkan ke email panitia dengan format dan subject:
ESSAY_(NAMA PESERTA)_(NO.HP)
kirim ke pete_biostat@yahoo.com

12. Batas waktu pengiriman paling lambat 11 November 2011 pukul 23.59 WIB
13. Pendaftaran lomba essay gratis
14. Essay yang sudah dikirim akan dinilai dewan juri dan diumukan pemenangnya pada 21 November 2011 dan dipilih 3 pemenang. Pengumuman pemenang akan ditampilkan di facebook Analitico UI atau twitter @AnaliticoUI.
15. Hadiah       
Juara 1            : Sertifikat + Uang Rp 750.000,00
Juara 2            : Sertifikat + Uang Rp 500.000,00
Juara 3            : Sertifikat + Uang Rp 250.000,00
Pemenang diharapkan hadir pada acara talkshow 23 November 2011 di FKM UI Depok untuk penganugrahan hadiah dan sertifikat.

2. LOMBA FOTO

  TEMA:
 “Bom Waktu Ledakan Penduduk Indonesia
 
KETENTUAN:
1. Foto merupakan karya sendiri, belum pernah dipakai sebagai karya komersial dan belum pernah disertakan dalam perlombaan.
2. Pemotretan bebas menggunakan kamera digital merk dan tipe apapun
3. Foto diedit sewajarnya (standar kamar gelap)
4. Foto bukan merupakan rekayasa atau foto studio
5. Peserta diperbolehkan mengirim maksimal 2 buah foto
6. Foto dikirimkan dalam format JPEG (softcopy) dalam bentuk JPG/JPEG dengan file sice minimal 3MB/foto
7. Materi, model release, dan isi foto merupakan tanggung jawab peserta. Panitia tidak bertanggungjawab atas segala permasalahan yang timbul dari materi foto peserta
8.   Setiap foto harus disertakan caption maksimal 250 kata
9. Judul foto, lokasi, tanggal pengambilan, serta caption diketik dalam bentuk softcopy yang disertakan dalam email
10. Panitia dan juri tidak menerima korespondensi dalam bentuk apapun sehubungan dengan lomba
11. Peserta yang mengikuti lomba berarti tidak berkeberatan dengan seluruh ketentuan yang dibuat panitia
12. Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
13. 10 karya terbaik akan dipajang di acara bazar dan pameran PETE Biostatistika dan Ilmu Kependudukan FKM UI tanggal 21-23 November 2011

TATA CARA PENDAFTARAN:
1. Peserta mengirimkan uang pendaftaran sebesar Rp20.000,00 ke
BANK BNI CABANG UI DEPOK
a.n Siti Masitoh
0176982789
Peserta dapat menkonfirmasi jika sudah mengirim uang pendaftaran ke            0878 9716 5466       (Amrina Rosyada) atau 085781216530 (Zahra Fadhila)
2. Peserta mengirimkan hasil foto digital, ke pete_biostat@yahoo.com
dengan subject LOMBA FOTO_(nama peserta)_(No.HP)
3.  Karya diterima paling lambat 10 November 2011 pukul 23.59 WIB
4. Peserta menerima email konfirmasi segera setelah panitia menerima foto dan uang pendaftaran
5. Peserta diperbolehkan mengirim lebih dari 1 email. Kesalahan pengiriman uang dan email tidak menjadi tanggung jawab panitia
6. Pengumuman Pemenang akan disampaikan melalui Facebook Analitico UI atau twitter @AnaliticoUI pada 21 November 2011 dan dipilih 3 pemenang.
7. Hadiah:
Juara 1            : Sertifikat + Uang Rp 750.000,00
Juara 2            : Sertifikat + Uang Rp 500.000,00
Juara 3            : Sertifikat + Uang Rp 250.000,00
Pemenang diharapkan hadir pada acara talkshow 23 November 2011 di FKM UI Depok untuk penganugrahan hadiah dan sertifikat

3. LOMBA KARIKATUR
TEMA:
"BOM WAKTU LEDAKAN PENDUDUK INDONESIA

KETENTUAN:
1. Peserta merupakan Siswa SMA/Mahasiswa/Umum
2.Karya dapat berupa hasil digital ataupun manual (gambar tangan). Karya dibuat dalam ukuran kertas A4 dalam bentuk landscape atau portrait.3. Peserta harus menyertakan deskripsi maksimal 60 kata untuk menjelaskan mengenai dan dilampirkan bersama karya
4. Semua karya akan dipajang di acara bazar dan pameran PETE Biostatistika dan Ilmu Kependudukan FKM UI tanggal 21-23 November 2011
5.  Pendaftaran karikatur gratis apabila hanya mengirimkan 1 karya. Jika mengirim lebih dari 1 karya maka akan dikenakan biaya pendaftaran Rp10.000,00
6. Peserta yang mengirim lebih dari 1 karya dapat mengirimkan uang pendaftaran senilai Rp 10.000,00 ke
BANK BNI CABANG UI DEPOK
a.n Siti Masitoh
0176982789
Peserta dapat menkonfirmasi jika sudah mengirim uang pendaftaran dan karya ke            0878 9716 5466       (Amrina Rosyada) atau 085781216530 (Zahra Fadhila )
7. Karya dikirimkan ke alamat
            Balai Kegiatan Mahasiswa (BKM) Lantai 2
            Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia 
            Kampus Baru UI, Depok, 16424
    Paling lambat tanggal 11 November 2011 (cap pos)
8. Pengumuman Pemenang akan disampaikan melalui Facebook Analitico UI atau twitter @AnaliticoUI pada 21 November 2011 dan dipilih 3 pemenang.
9. Hadiah
Juara 1            : Sertifikat + Uang Rp 750.000,00
Juara 2            : Sertifikat + Uang Rp 500.000,00
Juara 3            : Sertifikat + Uang Rp 250.000,00
Pemenang diharapkan hadir pada acara talkshow 23 November 2011 di FKM UI Depok untuk penganugrahan hadiah dan sertifikat


CARA PENDAFTARAN LOMBA
Kirim SMS dengan Format:
Jenis Lomba(ESAI/FOTO/KARIKATUR)_Nama Peserta_SMA/PT/umum_No.HP
kirim ke 087897165466
 

AYO! TUNGGU APA LAGI!

Kamis, 13 Oktober 2011

PENGEMBANGAN KOMPETENSI




DEPARTEMEN BIOSTATISTIKA DAN KEPENDUDUKAN
FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS INDONESIA
DENGAN BANGGA MEMPERSEMBAHKAN

DEMOGRAFFITY: GAMBARAN KEPENDUDUKAN INDONESIA KINI DAN NANTI
Dengan serangkaian acara berupa lomba, pelatihan SIG, talkshow, bazaar dan pameran.

LOMBA

1) Lomba Esai
Sebagai salah satu bentuk kepedulian masyarakat umum (terutama pelajar dan mahasiswa) tentang masalah kependudukan di Indonesia, kami menantang Anda untuk mengikuti lomba ini.
Tema: "STRATEGI MENGHADAPI MASALAH KEPENDUDUKAN DI INDONESIA"
Subtema:
1. Urbanisasi Pasca Hari Raya
2. Ledakan Penduduk Indonesia
3. Kepadatan Penduduk dan Dampaknya bagi Kesehatan
Sasaran: Pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum.
Biaya Pendaftaran: Rp0,00.
Deadline: 11 November 2011.
Pengiriman karya (softcopy): pete_biostat@yahoo.com.
*) SYARAT DAN KETENTUAN BERLAKU. FOR MORE INFO, CHECK OUR WEBSITE 

2) Lomba Fotografi
Kepedulian tidak hanya bisa ditorehkan dalam kata, tetapi juga dalam lensa. Karena itu, kami juga mengadakan lomba fotografi dengan tema "BOM WAKTU LEDAKAN PENDUDUK INDONESIA".
Bagi kamu yang jago fotografi tapi belum punya SLR, tidak usah takut! Lomba ini tidak mengaruskan Anda memakai kamera mahal. Just put your camera phone on, and voila! ;)
Sasaran: Pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum.
Biaya pendaftaran: Rp20.000,00 ke
BANK BNI CABANG UI DEPOK
a.n Siti Masitoh
0176982789
Deadline: 11 November 2011
Pengiriman Karya (softcopy): pete_biostat@yahoo.com
*) SYARAT DAN KETENTUAN BERLAKU. FOR MORE INFO, CHECK OUR WEBSITE 

3) Lomba Karikatur
Kamu juga bisa menyalurkan kepedulian kamu melalui tinta, loh! Pernah lihat balihonya BKKBN? Nah, seperti itu kira-kira contohnyaa!
Gambar tidak harus berbentuk karikatur. Boleh lukisan, sketsa, komik, dll. Gambar juga tidak harus manual, gambar digital image juga bisa. Oh iya, kamu juga bisa mengirimkan karya LEBIH DARI SATU. Ayoooooo kirim yang banyak supaya kesempatan menang lebih besar!
Sama dengan lomba foto, tema lomba karikatur adalah "BOM WAKTU LEDAKAN PENDUDUK INDONESIA".
Sasaran: Pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum.
Biaya pendaftaran: Rp10.000,00 ke
BANK BNI CABANG UI DEPOK
a.n Siti Masitoh
0176982789
Deadline: 11 November 2011
Pengiriman Karya (hardcopy): (tempat menyusul)
*) SYARAT DAN KETENTUAN BERLAKU. FOR MORE INFO, CHECK OUR WEBSITE 


Hadiah untuk masing-masing lomba
Juara 1 Rp750.000,00 + sertifikat
Juara 2 Rp500.000,00 + sertifikat
Juara 3 Rp250.000,00 + sertifikat
CP: Amrina (            0878 9716 5466      )end_of_the_skype_highlighting

BAZAAR DAN PAMERAN

Makanan ringan dari Sabang sampai Merauke (Insya Allah) bisa Anda temukan di bazaar yang akan diadakan di TAMAN MATOA FKM UI selama 3 hari full, 21-23 November 2011.
Di Taman Matoa ini pula, SELURUH HASIL KARYA LOMBA, baik esai, foto, dan karikatur akan dipamerkan. Pengen eksis di kampus orang? Ayo ikut lomba ini! ;)
Selain itu, setiap jam-jam tertentu, kita akan menghadirkan bintang tamu untuk menemani Anda melihat pameran dan mengunjungi bazaar kami. So, dont miss this guys!

PELATIHAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG)

Hey! Bagi kamu yang berminat untuk mempelajari bagaimana caranya mengolah data spasial, kebetulan banget nih karena kita mengadakan PELATIHAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS!
Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 22 November 2011 dari pukul 09.00 - 12.00 (Teori SIG dan Praktik Lapangan Menggunakan GPS) dan 13.00-16.00 (Praktik Pengolahan Data dengan Menggunakan Software Geografis).
Biaya Pendaftaran:
Mahasiswa S1 Reguler Rp75.000,00.
Mahasiswa non-S1 Reguler + masyarakat umum Rp150.000,00.
Peserta sudah mendapatkan ilmu + software + training kit + lunch + sertifikat.

TALKSHOW

Tahu E-KTP? Apa sih E-KTP itu? E-KTP adalah salah satu program pemerintah, khususnya Kementrian Dalam Negeri, untuk memperbarui sistem kartu kependudukan yang konvensional menjadi elektronik. Ingin tahu lebih lanjut mengenai seluk-beluk E-KTP dan positif-negatif nya bagi sistem kependudukan di Indonesia?
Ayo datang di talkshow yang bertema "SATU KARTU, BERJUTA HARAPAN UNTUK INDONESIA"!
Talkshow akan diadakan di Ruang Promosi Doktor FKM UI, 23 November 2011 pukul 13.00-15.00.
Talkshow ini sekaligus menjadi acara penutup dari serangkaian acara. Di talkshow ini pula, para pemenang lomba akan diumumkan. So, bagi yang ikut lomba, jangan lupa datang ke acara ini ;)
Peserta TIDAK DIPUNGUT BIAYA APA PUN!
Peserta juga akan mendapatkan welcome snack + sertifikat (100 pendaftar pertama) + handout.
ADA DOORPRIZE NYA JUGA LOH!

FOR MORE INFORMATION
CP: Amrina (0878 9716 5466 begin_of_the_skype_highlighting            0878 9716 5466      )end_of_the_skype_highlighting
FIND US ON FACEBOOK 
FOLLOW US ON TWITTER


SO, TUNGGU APA LAGI!
AYO IKUTI ACARA INI!
TERBUKA UNTUK UMUM!
:-)

Didukung Oleh:



Rabu, 27 Juli 2011

A LETTER FROM MOM AND DAD


You're so lucky still having mom and dad. Respect them, just like what they've done to you before it's too late





Daddy, you havent known how much I love you..

Selasa, 26 Juli 2011

KARIMUNJOWO (Pt. 1)

Akhirnyaaa, setelah gue sering mempresentasikan Kepulauan Karimunjawa di berbagai kesempatan (padahal gue sendiri belom pernah ke sana sebelumnya), gue berhasil juga sampe di pulau ini! Yeay! ƪ(♥ε♥)ʃ

 ========================================================================


Tahukah Anda di mana letak Kepulauan Karimunjawa? Kepulauan Karimun adalah salah satu taman nasional laut di Indonesia yang terletak di Laut Jawa, kurang lebih 83 km di utara Jepara. 


Sebenernya keikutsertaan gue ke Karimunjowo ini sangat tidak direncanakan karena bulan Juni gue masih SP. Tapiiiiiiiiiiiii, karna tiba" kelas SP hari Jumat libur (waktu itu berangkat 25 Juni), jadinya gue ikut deeeh! Xixixixi.


Kita backpacking loh! NOTE! BACKPACKING! Paket liburan yang murmer! Seru banget loh! Tapi, jangan coba" berniat backpacking kalo lo masih belom bisa mandiri. Namanya juga paket murah, ya kita akan melakukan segala cara supaya budget yang dikeluarkan seminim mungkin.


DAY 1 : JAKARTA-SEMARANG


This is it! Sabtu, 25 Juni 2011 (tepat sehari setelah gue ulang tahun) kita berangkat dari Stasiun Senen ke Semarang Poncol. Berbekal tiket berdiri kereta ekonomi Matarmaja (tiketnya Rp37ribu kalo ga salah) jurusan Jakarta-Malang, Tito, Letoy, Musa, Akbar, dan gue memulai perjalanan yang buset-capek-banget ke Semarang. Awalnya sih kita duduk, tapi di stasiun manaaaa gitu, si pemilik bangku itu naik. Jadilah kita berdiri! Hahahaha. Kita bawa backpack yang segede alaihim dan BERDIRI! Cuapek! Apalagi banyak abang bau eteg yang hilir-mudik jualan. Tapi sekitar jam berapa gitu, kita ditawarin duduk sama 1 keluarga yang kayaknya kesian ngeliat kita yang badannya gede ini nutupin jalan ƪ(>-̮<)ʃ  Akhirnya kita duduk dan main bersama balitanya. Kereta jalan dari Senen jam 2, kita sampe Semarang jam 10 malam! Cukup terjadi kepanikan saat itu karna si balita mau ikut turun sama gue! Dia nangis kalo emaknya ngerebut dia dari gendongan gue. Akhirnya dia mau dibujuk setelah emaknya ngebohongin dia kalo ada ondel-ondel di majalah :capedeh


Kita bermalam di Semarang dan nginep di kosan temennya Akbar. Tadinya bahkan kita mau nginep di McD! Untung ga jadi (_")




DAY 2 : SEMARANG-JEPARA


Kita berangkat dari kosan temen sekitar jam setengah 6 dan langsung menuju terminal Terboyo dengan nyarter angkot (karna lumayan jauh) untuk naik bus ke Jepara.
Jangan berharap bus kayak gini:


Bus yang kita tumpangi adalah bus 3/4 non-AC yang seperti ini:
Lumayan mahal menurut gue, harganya Rp11rb. Mana mogok terus lagi! Karena mogok itulah, kita jadi nyampe pelabuhan Kartini jam 9! Haaaaaaaaaaaaaaaaa dan Kapal Ferry sudah jalan saudara-saudara! Huhuhuhu paniklah kita karna Ferry hanya ada 2 hari sekali! Untungnya ada Speedboat yang juga berangkat 2 hari sekali. Jadi selang-seling gitu sama Ferry. Tapi harga tiket Speedboat Rp 87rb, tiket Ferry Rp37rb (klo ga salah). Gapapalah ya dari pada perjuangan kita sia-sia.Kita nge-booked tiketnya untuk 5 orang di 'orang dalem'. Kalo ga nge-book? Jangan harap besok bisa dapet tiket karna waktu itu lagi musim liburan.


Karna ketinggalan kapal, mau ga mau kita harus stay semalem di Jepara. Banyak kok homestay di Pantai Kartini, jadi ga usah takut. Kita nyewa kamar AC-TV seharga Rp105rb (katanya mau hemat ._.)
Akhirnya kita sekalian main deh di sini. Setelah tidur dulu di homestay, kita makan ikan bakar (again, katanya mau hemat ._.) dan ke Pulau Panjang. Dengan tiket Rp12rb PP, kita diantarkan naik kapal ke Pulau Panjang dan bisa maen sepuasnya di sana. Ga sepuasnya juga sih karna jemputan terakhir jam 5 sore. Well, ga seindah Karimunjawa, tapi not bad lah untuk menghilangkan rasa kesal karna ketinggalan kapal 


ƪ(˘˘)┐ ƪ(˘˘)ʃ ┌(˘˘)ʃ






























Puas main di Pulau Panjang dan menikmati sunset di atas kapal, kita balik ke homestay. Malemnya kita jalan" nyari makan. Pulangnya, 4 jejaka sableng ini maenan 'jalan mundur'. Mereka harus berjalan mundur dan ga boleh nengok ke belakang. Setiap ada yang tersandung, pantatnya harus dipukul. Werd, isnt it? Hahaha. Sebenernya ini permainan buat ngerjain Akbar yang otot pantatnya robek. Tapi malah dia ga pernah tersandung ._.




TO BE CONTINUED

 ‎~(‾▿‾~) ~(‾▿‾)~ (~‾▿‾)~

Minggu, 08 Mei 2011

REPOST: What a Father Cant Say


Biasanya, bagi seorang anak perempuan yang sudah dewasa, yang sedang bekerja di perantauan, yang ikut suaminya merantau di luar kota atau luar negeri, yang sedang bersekolah atau kuliah jauh dari kedua orang tuanya.. akan sering merasa kangen sekali dengan Ibunya.



Lalu bagaimana dengan AYAH?




Mungkin karena Ibu lebih sering menelepon untuk menanyakan keadaanmu setiap hari, tapi tahukah kamu, jika ternyata AYAH-lah yang mengingatkan Ibu untuk menelponmu?




Mungkin dulu sewaktu kamu kecil, Ibu-lah yang lebih sering mengajakmu bercerita atau berdongeng, tapi tahukah kamu, bahwa sepulang AYAH bekerja dan dengan wajah lelah AYAH selalu menanyakan pada Ibu tentang kabarmu dan apa yang kau lakukan seharian?




Pada saat dirimu masih seorang anak perempuan kecil.. AYAH biasanya mengajari putri kecilnya naik sepeda. Dan setelah AYAH mengganggapmu bisa, AYAH akan melepaskan roda bantu di sepedamu...




Kemudian Ibu bilang : "Jangan dulu AYAH, jangan dilepas dulu roda bantunya"


Ibu takut putri manisnya terjatuh lalu terluka....




Tapi sadarkah kamu?




Bahwa AYAH dengan yakin akan membiarkanmu, menatapmu, dan menjagamu mengayuh sepeda dengan seksama karena dia tahu putri kecilnya PASTI BISA.




Pada saat kamu menangis merengek meminta boneka atau mainan yang baru, Ibu menatapmu iba. Tetapi AYAH akan mengatakan dengan tegas : "Boleh, kita beli nanti, tapi tidak sekarang"




Tahukah kamu, AYAH melakukan itu karena AYAH tidak ingin kamu menjadi anak yang manja dengan semua tuntutan yang selalu dapat dipenuhi?




Saat kamu sakit pilek, AYAH yang terlalu khawatir sampai kadang sedikit membentak dengan berkata : "Sudah di bilang! kamu jangan minum air dingin!".




Berbeda dengan Ibu yang memperhatikan dan menasihatimu dengan lembut. Ketahuilah, saat itu AYAH benar-benar mengkhawatirkan keadaanmu.




Ketika kamu sudah beranjak remaja.... Kamu mulai menuntut pada AYAH untuk dapat izin keluar malam, dan AYAH bersikap tegas dan mengatakan: "Tidak


boleh!".




Tahukah kamu, bahwa AYAH melakukan itu untuk menjagamu? Karena bagi AYAH, kamu adalah sesuatu yang sangat - sangat luar biasa berharga..




Setelah itu kamu marah pada AYAH, dan masuk ke kamar sambil membanting pintu... Dan yang datang mengetok pintu dan membujukmu agar tidak marah adalah Ibu....




Tahukah kamu, bahwa saat itu AYAH memejamkan matanya dan menahan gejolak dalam batinnya, bahwa AYAH sangat ingin mengikuti keinginanmu, tapi lagi-lagi dia HARUS menjagamu?


Ketika saat seorang cowok mulai sering menelponmu, atau bahkan datang ke rumah untuk menemuimu, AYAH akan memasang wajah paling cool sedunia.... :




AYAH sesekali menguping atau mengintip saat kamu sedang ngobrol berdua di ruang tamu..




Sadarkah kamu, kalau hati AYAH merasa cemburu?




Saat kamu mulai lebih dipercaya, dan AYAH melonggarkan sedikit peraturan untuk keluar rumah untukmu, kamu akan memaksa untuk melanggar jam malamnya.




Maka yang dilakukan AYAH adalah duduk di ruang tamu, dan menunggumu pulang dengan hati yang sangat khawatir...dan setelah perasaan khawatir itu berlarut- larut... ketika melihat putri kecilnya pulang larut malam hati AYAH akan mengeras dan AYAH memarahimu.. .




Sadarkah kamu, bahwa ini karena hal yang di sangat ditakuti AYAH akan segera datang? "Bahwa putri kecilnya akan segera pergi meninggalkan AYAH"




Setelah lulus SMA, AYAH akan sedikit memaksamu untuk menjadi seorang Dokter atau Insinyur.




Ketahuilah, bahwa seluruh paksaan yang dilakukan AYAH itu semata - mata hanya karena memikirkan masa depanmu nanti...




Tapi toh AYAH tetap tersenyum dan mendukungmu saat pilihanmu tidak sesuai dengan keinginan AYAH




Ketika kamu menjadi gadis dewasa.... dan kamu harus pergi kuliah dikota lain... AYAH harus melepasmu di bandara.




Tahukah kamu bahwa badan AYAH terasa kaku untuk memelukmu?




AYAH hanya tersenyum sambil memberi nasehat ini - itu, dan menyuruhmu untuk berhati-hati. .




Padahal AYAH ingin sekali menangis seperti Ibu dan memelukmu erat-erat.




Yang AYAH lakukan hanya menghapus sedikit air mata di sudut matanya, dan menepuk pundakmu berkata "Jaga dirimu baik-baik ya sayang".




AYAH melakukan itu semua agar kamu KUAT...kuat untuk pergi dan menjadi dewasa.




Disaat kamu butuh uang untuk membiayai uang semester dan kehidupanmu, orang pertama yang mengerutkan kening adalah AYAH.




AYAH pasti berusaha keras mencari jalan agar anaknya bisa merasa sama dengan teman-temannya yang lain.




Ketika permintaanmu bukan lagi sekedar meminta boneka baru, dan AYAH tahu ia tidak bisa memberikan yang kamu inginkan...




Kata-kata yang keluar dari mulut AYAH adalah : "Tidak.... Tidak bisa!"




Padahal dalam batin AYAH, Ia sangat ingin mengatakan "Iya sayang, nanti AYAH belikan untukmu".




Tahukah kamu bahwa pada saat itu AYAH merasa gagal membuat anaknya tersenyum?




Saatnya kamu diwisuda sebagai seorang sarjana.




AYAH adalah orang pertama yang berdiri dan memberi tepuk tangan untukmu.




AYAH akan tersenyum dengan bangga dan puas melihat "putri kecilnya yang tidak manja berhasil tumbuh dewasa, dan telah menjadi seseorang"




Sampai saat seorang teman Lelakimu datang ke rumah dan meminta izin pada AYAH untuk mengambilmu darinya.




AYAH akan sangat berhati-hati memberikan izin..




Karena AYAH tahu.....


Bahwa lelaki itulah yang akan menggantikan posisinya nanti.




Dan akhirnya.... Saat AYAH melihatmu duduk di Panggung Pelaminan


bersama seseorang Lelaki yang di anggapnya pantas menggantikannya, AYAH pun tersenyum bahagia....




Apakah kamu mengetahui, di hari yang bahagia itu AYAH pergi kebelakang panggung sebentar, dan menangis?




AYAH menangis karena AYAH sangat berbahagia, kemudian AYAH berdoa.... Dalam lirih doanya kepada Tuhan, AYAH berkata: "Ya Tuhan tugasku telah selesai dengan baik.... Putri kecilku yang lucu dan kucintai telah menjadi wanita yang cantik.... Bahagiakanlah ia bersama suaminya..."




Setelah itu AYAH hanya bisa menunggu kedatanganmu bersama cucu-cucunya yang sesekali datang untuk menjenguk...




Dengan rambut yang telah dan semakin memutih.... Dan badan serta lengan yang tak lagi kuat untuk menjagamu dari bahaya....


AYAH telah menyelesaikan tugasnya....




AYAH, atau Papa kita... Adalah sosok yang harus selalu terlihat kuat... Bahkan ketika dia tidak kuat untuk tidak menangis...


Dia harus terlihat tegas bahkan saat dia ingin memanjakanmu. .


Dan dia adalah orang pertama yang selalu yakin bahwa "KAMU BISA" dalam segala hal..




====================




Tulisan ini didedikasikan kepada teman-teman wanita, yang kini sudah berubah menjadi wanita dewasa serta ANGGUN, dan juga untuk teman-teman pria kami yang sudah ataupun akan menjadi ayah yang HEBAT !




Yup, banyak hal yang mungkin tidak bisa dikatakan Ayah kita... tapi setidaknya kini kita mengerti apa yang tersembunyi dibalik hatinya

I SUPER LOVE YOU, DADDY