Minggu, 26 April 2015

Venue Jumper Pt.2: South Jakarta

Jakarta Selatan adalah kotamadya selanjutnya yang kita singgahi. Sengaja kita tidak mencari di Jakarta Barat maupun Jakarta Utara karena 2 daerah tersebut sangat jauh dari rumah kita: aku di Duren Sawit (Jakarta Timur), sementara dia di Bintara (Bekasi). 

========================================================

Terima kasih kepada para pemilik blog yang bikin review gedung karena itu sangat amat membantu! Hahahaha. Kita jadi tau mana tempat yang worthy untuk dikunjungi dan mana yang tidak perlu dikunjungi. Hotel contohnya. Kenapa kita ga main2 ke hotel? Karena harganya itu loh booooooooooooooook! Ga cucok deh buat kita yang cuma anak PNS dan pegawai kantoran biasa. 

(1) Gedung Wanita Patra (Simprug)
Sebenarnya gedung ini bisa dibilang jauh dari rumah kita berdua dan susah juga aksesnya. Tapi aku penasaran buanget sama gedung ini karena konon katanya ada eskalator indah menuju ballroom-nya jadi kelihatan megah, apalagi kalo acaranya diadakan malam hari. Jadilah kita bersusah payah ke sana walaupun ternyata marketingnya ga pernah standby kalo hari libur. Huh. Pas sampai sana, tadaaaaa!

*Taken from Google. Please be informed that I dont own the image.

Indah banget kaaan? Memang sih dalamnya ga terlalu besar dan tidak berkarpet, tapi sesuai dengan harga sewanya yang juga tidak terlalu mahal dan harga per-PAX catering juga tidak terlalu besar. Sayangnya aku ga tau pasti karena kita marketingnya ga ada. Huhu.

*Taken from Google. Please be informed that I dont own the image.

(2) Smesco (Gatot Subroto)
Smesco itu sebenarnya adalah gedung pameran milik Kementerian UKM. Di lantai 4 gedung tersebut, ada sebuah ballroom berkapasitas 800-1200 orang yang dikelola oleh sebuah EO bernama BRP Wedding Hall and Organizer. Tidak hanya Smesco, BRP juga mengelola Ballroom di Sucofindo Plaza dan Sovereign Plaza. Karena bersifat EO, mereka ini sudah menyediakan paket (internasional dan tradisional) yang sudah sangat terperinci beserta daftar vendornya jugak: catering, dekorasi, entertainment, photography, sanggar rias+busana, invitation card, sampe mobil pengantin dan bonus bulan madu! Wow, right? Jadi ibaratnya dirimua tinggal mikirin foto prewedding (itu juga kalo mau pake prewed dan suvenir). Paket itu pun sudah termasuk jasa WO yang standby 6 orang pada hari H! Kurang kece apalagi????

Dari segi penampilan Ballroom, Smesco ini sangat bersaing loh. Luas dengan kapasitas 800-1200 orang, berkarpet (poin super penting buat akuh), high ceiling, chandelier, dan ada lorong di luar ballroom yang bisa dipakai jika undangan sangat banyak tapi tetap mau pakai Smesco. Poin plus buatku adalah adanya pameran produk Indonesia di lantai dasar. Well, sebenernyaitu tergantung preferensi masing2 sih karena ada juga yang ngerasa mau kondangan kok kayak mau masuk mall. Tapi buat aku yang kerja di perusahaan multinasional namun sangat mencintai Indonesia, pameran produk UKM ini sangat menarik!

Meskipun diriku ini sudah jatuh cinta pada Smesco, tetap ada kelemahannya juga sih.....
- Letak ballroom di lantai 4 sementara lift cuma ada 4.
- Karena KUKM punya 2 gedung pertemuan, bakalan penuh banget deh kalo ada 2 acara bersamaan di 2 gedung pertemuan itu.
- Parkiran kecil, sering macet Gatot Soebroto karena tamu pada parkir di luar.
- WC tamu kecil banget. Kan kasihan para sesepuh :'(



*Taken from Google. Please be informed that I dont own the images.


(3) Palma One Ballroom (Rasuna Said)
Nah, ini adalah salah satu ballroom yang letaknya super strategis dan aksesnya pun sangat mudah. Sama seperti Smesco, pengelola Palma One Ballroom sudah membuatkan wedding package dengan harga yang cukup bersaing meskipun tidak selengkap Smesco. Penampilan ballroom secara keseluruhan juga lumayan OK. Full carpet, muat hingga 1200 orang (tapi please jangan lebih dari 1200 karena bisa super sesak), ada chandelier unik berbentuk lingkaran besaaaarrr.

Namun karena ini adalah gedung kantor, otomatis kita harus melewati lift dan kantor2 beberapa perusahaan untuk bisa sampai ke ballroomnya yang ada di lantai 6. Lorongnya juga sempit benerrrr. Ga ngerti deh gimana caranya vendor catering dan dekorasi bisa bawa peralatannya sampai ke dalam. Nuansanya juga terlalu kuning jadi agak susah ya kalo mau pake nuansa dekor yang cerah ceria..

*Taken from Google. Please be informed that I dont own the images


(4) Granadi (Rasuna Said)
Karena hanya berjarak beberapa gedung dari Palma One, kita coba mampir lah tuh ke Gedung Granadi. Begitu masuk ke dalam, kita disambut oleh kemegahan lobi Gedung Granadi. Ballroom ada di lantai 2 sehingga tamu harus naik beberapa anak tangga which is fine buat anak2 muda yang masih bertenaga. Lah kalo buat para orang tua piye??

Gedung ini bagus sih, berkarpet dan luas yang cukup untuk menampung hingga lebih dari 1000 orang. Di sayap kanan dan sayap kiri juga ada area terbuka yang bisa digunakan para tamu untuk merokok sembari menikmati santapan. Tapi entahlah, saya pribadi tidak terlalu suka dengan gedung ini meskipun dari segi harga cukup bersaing.



*Taken from Google. Please be informed that I dont own the images

(5) Patrajasa (Gatot Soebroto)

Kecintaan saya pada Gedung Patrajasa ketika saya sedang mencari gedung untuk wisuda SMA dulu. Dulu begitu masuk Ballroom Yudhistira, woooow! Luassss banget, super high ceiling, berkarpet, gordennya elegan, ada chandelier, pokoknya dream venue banget deh! Bahkan dulu gue langsung berdoa dalam hati kalo gue akan menikah di gedung ini. Namun apa daya, takdir berkata lain. Hahahaha.

Setelah gede kok ternyata ballroomnya gak gede-gede banget ya? Udah gitu bukan full carpet, mungkin 7/8 bagian ketutup karpet. Harga sewanya pun terhitung muahal, begitupun harga per-PAX cateringnya. Patrajasa pun terkenal dengan susahnya cari parkirrrrr. Jadi ya, selamat tinggal wedding dream venue~~

Tapi itu hanya opini pribadi aku yaaa! Patrajasa bagus kok untuk dijadikan wedding venue. Buktinya hampir setiap Sabtu/Minggu pasti adaaaa aja yang menikah di sini. Karena lokasinya yang sangat strategis dan penampilannya juga cantik. Oh ya, si cantique ini juga mampu menampung hingga 1200 orang looh.



*Taken from Google. Please be informed that I dont own the images


(6) ANTAM (TB Simatupang)
Venue terakhir dari Jakarta Selatan adalah.................ANTAM!
Siapa sih yang ga tau Antam? Selain terkenal sebagai tempat jual beli emas, gedung ANTAM juga terkenal punya gedung menikah yang oke punya dengan harga yang terkangkau bingiiiittt. Ballroom di lantai dasar, berkarpet, high ceiling, ada lorong panjang yang bisa didekor dengan sangat cantique, mampu menampung hingga 1000 orang, ada 4 ruang rias yang bisa digunakan! By far, Antam ini yang punya ruang rias paling banyak loh. Biasanya yang lain itu hanya 2 ruang saja.

Tapi sayangnya sang ibunda tercinta udah mengultimatum kalau tempat ini terlalu jauh dari rumah. Ya sudahlah, goodbye ANTAM :"(

Sampai ketemu di Kotamadya selanjutnya, Jakarta Timur. Di kotamadya inilah saya menemukan tambatan hati untuk wedding venue. See ya! :)



1 komentar:

  1. Sudah punya rencana nikah tapi masih bingung cari wedding organizer yang tepat? Kami dari HIS K-LINK TOWER GRAND BALLROOM kami sudah menyediakan all in package jadi anda tidak perlu repot cari vendor lain karena semua sudah kami yang handle.
    All in package include:
    - Gedung (FULL AC & FULL KARPET)
    - Catering
    - Dekorasi
    - Rias & Busana
    - Bridal
    - Entertainment
    - Photography
    - Wedding Organizer
    - Bonus (MC, WEDDING CAR, HONEYMOON KE JEPANG, LOGAM MULIA)

    For more info and detail:
    Marketing & wedding consultant
    Mira 083899440355 (WA)

    BalasHapus