Minggu, 24 Mei 2015

Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah

Gedung itu adalah................................. SASANA KRIYA!!!!!

----------------------

Sasana Kriya adalah gedung yang baru saja selesai direnovasi pada tahun 2013 lalu menjadi lebih modern dan terlihat sangat berkelas. Sungguh sangat berbeda jika dibandingkan "kakak-kakaknya" yang sangat Njawani, seperti Sasono Utomo dan Sasono Adiguna. Mungkin karena alasan itulah, gedung ini dinamai "Sasana" Kriya bukan "Sasono Kriyo".

Gedung ini masih terlihat sangat baru, loh! Bernuansa krem dan coklat, Sasana Kriya semakin terlihat upper class dengan Ballroom super luas yang dilapisi karpet nan indah berwarna cokelat dan bermotif spiral. Prefunction hall juga terlihat sangat mewah dengan sentuhan lantai marmer berwarna krem dan ada pembatas antara Prefunction hall dengan Ballroom yang juga terbuat dari marmer (berwarna cokelat) yang semakin menambah kesan luxurious.

Memang, tidak ada crystal chandelier yang menggantung indah di dalam Ballroom. However, penerangan di Sasana Kriya ini disupport dengan lampu yang sangat unik dan indah bernuansa kuning. Siapapun yang foto di sini kayaknya bakal jadi cantique deh! Hihi. Parkiran di area Sasana Kriya ini sebenarnya juga tidak terlalu luas, ya. Tapiiii, ini kan komplek TMII yang luasnya berhektar-hektar. Jadi sebenarnya kamu tidak usah khawatir tamu ga dapet parkir ya! 

Sasana Kriya ini terdiri dari 2 Ballroom, Mandira Ballroom dan Carani Ballroom. Mandira Ballroom punya ukuran yang lebih luas sehingga mampu menampung 1000-1500 orang, sedangkan Carani hanya 800-1000 orang. Jadi, pastikan baik-baik berapa undanganmu sebelum menentukan memakai Mandira atau Carani ya! Saya pernah datang ke pernikahan yang diadakan di Carani. Karena sepertinya tamunya sangat banyak, ruangan jadi sangat penuh sesak! Untuk menembus kerumunan manusia juga sudah susah payah loh. 

"Loh, paling banyak cuma 1500 orang? Kalo aku tamuku 2000 orang ga bisa pakai Sasana Kriya dong?"
Tidak usah khawatir, girls! Karena sebenarnya ada pembatas antara Mandira dan Carani yang bisa dibuka jika tamu kamu lebih dari 1500 orang! Jadi ibaratnya kamu langsung menyewa Mandira dan Carani sekaligus. Cool, right?

Aku lupa ukuran tepatnya Sasana Kriya berapa, padahal waktu itu udah sempet dijelasin (bahkan digambarin) sama marketingnya. Tapi nuhun, abdi lupa hehehehehe. Simpelnya begini, Mandira punya 4 kotak lampu di atas, sedangkan Carani hanya punya 2 kotak lampu. Jadi, ukuran Mandira hampir 2x lebih besar dibandingkan Carani. Jika acara pagi, pelaminan akan maju sebanyak 3 m dari tengah (pembatas antara Carani dan Mandira). Kenapa? Karena ternyata di balik pelaminan untuk acara pagi, sudah (atau sedang) disiapkan pelaminan untuk acara malam loh! Jadi kamu tetap bisa akad nikah di depan pelaminan jika acaramu malam hari. Ini penting loh, karena banyak gedung yang tidak bisa akad nikah di depan pelaminan jika acaramu malam hari.

Oh ya, Sasana Kriya ini tidak memiliki stage apapun di dalam Ballroom. Jadi kamu harus menyewa stage pelaminan kepada vendor dekorasi kamu. Memang agak PR sih, karena biasanya charge untuk stage itu lumayan juga. Sasana Kriya ini juga tidak memiliki soundsystem sehingga kamu harus menambahkan soundsystem ke dalam anggaran belanja untuk Entertainment. Lumayan nambah budget lagi deh. Huft.

Berikut ini adalah harga sewa Sasana Kriya untuk tahun 2015. Jangan lupa tahun 2016 naik ya! Jadi tambahkan 10% saat kamu menyusun budgeting biaya pernikahan kamu ya!

BALLROOM CARANI
Min. pemesanan 800 pax.
Harga sewa gedung - Rp19,000,000/4 jam (belum termasuk pajak).

BALLROOM MANDIRA
Min. pemesanan 1000 pax.
Harga sewa - Rp24,000,000/4 jam (belum termasuk paak)

GRAND BALLROOM (CARANI&MANDIRA)
Min, pemesanan 2000 pax.
Harga sewa - Rp43,000,000/4 jam (belum termasuk pajak).

Harga Prasmanan - Rp90,000 (Paket I), Rp95,000 (Paket II), dan Rp100,000 (Paket III)
Fasilitas:
1. Ruangan Ballroom dengan AC sentral
2. Red carpet
3. Pilihan menu prasmanan
4. Air mineral & aneka soft drink
5. Bunga untuk dekorasi buffet
6. Kapasitas listrik 5,000 watt untuk Ballroom dan 10,000 watt untuk Grand Ballroom
7. 4 set meja resepsi
8. 8 buah buku tamu
9. 8 buah kotak angpao
10. Kursi Futura 200 buah untuk Ballroom & 400 buah untuk Grand Ballroom
11. 4 ruang rias untuk persiapan panitia
12. 1 ruang tunggu pengantin lengkap dengan set-up coffe break untuk keluarga inti.

For additional information, dekorasi di Sasana Kriya WAJIB menggunakan bunga aseli! Jadi jangan heran jika vendor dekorasi memiliki "starts from" yang cukup tinggi di Sasana Kriya. Setelah tanya sana-sini ke vendor dekorasi kelas menengah ke bawah (vendor mahal ga sanggup hikkksss), rata-rata Ballroom Carani starts from 40jeti untuk dekor standar, sedangkan Ballroom Mandira starts from 50juta. Ingat ya, dekorasi standar, The merrier you want, the more expensive you'll get. It's all about your concept and preference. However, the Ballroom(s) itself has already been beautiful even without any decoration, loh! So, less is more.

Aku sengaja ga attach foto apapun di sini karena aku terlalu terpana untuk berfoto-foto hihihihihi. Kamu harus datang sendiri ke sana dan merasakan sensasinya ya! Kamu pasti juga akan jatuh cinta pada pandangan pertama :)

See you on my next post, brides-to-be! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar