Kamis, 23 Juli 2015

Choosing Vendor: Decoration

Walaupun sebenernya kita udah fix pakai Sasana Kriya, tapi kita belom DP looh haha. Setelah photo&videography, selanjutnya kita malah DP-in vendor dekorasi.. Capeng aneh (-_-")

Oke, selanjutnya aku mau bahas tentang dekorasi. Sama seperti pemilihan vendor foto, kita menganggap bahwa ortu ga usah dilibatkan dalam pemilihan vendor dekor. Mereka PASTI akan dilibatkan dalam pemilihan tema dekor, tapi kalau untuk vendornya, kita merasa bahwa penilaian kita berdua saja cukup.

Sebelumnya aku pengen jelasin dulu tentang "dekorasi standar" ya karena konsepnya sih sama di semua vendor. Dekorasi standar biasanya mencakup:
1. Dekorasi Pelaminan
(backdrop, taman depan pelaminan, bangku2, bunga2, kain2)
2. Dekorasi Jalur Red Carpet
(Pergola, standing flower biasanya 6 pcs, dan standing2 lainnya)
3. Dekorasi Musik
4. Dekorasi VIP
5. Dekorasi penerima Tamu

Aku udah nanya ke beberapa vendor dekor yang menjadi rekanan Sasana Kriya, baik secara langsung saat ada wedding expo maupun nanya2 via Whatsapp. Akhirnya, entah kenapa terpilihlah 3 vendor utama yang kita tinjau langsung hasil karyanya. yaitu:

1. SULTHAN DEKORASI
Sebelumnya aku udah Watsappan sama salah satu marketingnya yang namanya Andri. Sebenernya responsnya agak lama sih, tapi cukup kooperatif saat diajak ngobrol2 dan saat aku mengajukan pertanyaan (yang pasti menurut dia itu lagi2). Karena vendor sebelah yang lagi naik daun karena dekor Jawanya yang sensasional dan dipake di salah satu acara sinden di Tr*ns TV, balesnya bener2 lamaaaa banget. Dan ga kooperatif banget huhu. Ya memang sih aku belom tentu pake dia, tapi kan ga boleh dipandang sebelah mata juga... Walaupun ga bisa dipungkiri bahwa hasil karyanya ranca bana alibabaaaaa. Oke kembali lagi ke Sulthan.

Dia ngasih starts from yang "cukup" untuk dekorasi Mandira, yaitu dekorasi standar berharga sekitar 58juta. Sepertinya itu sudah mencakup stage untuk pelaminan dan stage musik deh (seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa Sasana Kriya sama sekali tidak menyediakan stage). Kalo mau nambah pohon, nambah 5juta. Kalo mau ada dekor photobooth, ada tambahan juga. Yang serunya lagi, untuk mempertahankan kualitas, Sulthan hanya menerima 2 resepsi dalam 1 hari! Tapi sayangnya dia ga bisa akad di depan pelaminan kalau acara kita malem... Tapi gapapa sih, aku kan mau siang hehe.

Waktu aku meninjau, passs banget acaranya lagi di Mandira dengan adat Jawa. Wah subhanallah cuatiiiiiikkkkk banget dekornya! Dipadukan dengan dekor super cantiknya Sonokembang (nanti akan dijelaskan di choosing catering vendor), wah kolaborasi yang sangat menawan! Psssst, si nganten juga diriasnya pake Sanggar Liza (nanti akan dijelaskan di choosing makeup vendor) loh! Ruarrr biaza iri hahahaahha. Pokoknya recommended seller banget nih Sulthan! Top list priority! :)

CP: Andri Sulthan Dekorasi: 082114510820
IG: sulthandecor

2. PESONA ALAMANDA 
Vendor dekor selanjutnya adalah Pesona Alamanda! Pokoknya 3 vendor ini kita jelajahi dalam kurun waktu 1 hari loh! Demi perasaan plong sedikit-demi-sedikit hehe.

Sebenernya vendor ini gak punya banyak review ya kalo di Google. Tapi aku mah gitu orangnya, selalu memegang prinsip bahwa seorang Profesor sekalipun awalnya hanya seorang mahasiswa biasa. Kalo kita udah underestimate sama vendor2 "underdog", mana kita tau kemampuan dia sebenernya? Lagipula, Mbak Ella (ownernya) super baiiiiik dan miripppp banget sama mamahku yang udah meninggal.. Jadi makin simpatik deh hehe.

Waktu itu kita meninjau hasil karyanya di Gedung Pewayangan. Saat itu adatnya adalah adat Jawa dengan nuansa mayoritas Pink. Pesona berkolaborasi dengan Sawargi Catering saat itu, dan ternyata dekor saat itu adalah paketan dari Sawargi. Starts from yang ditawarkan adalah 50juta. Hm, not bad lah. Cheaper than Sulthan. Hehehe. Tapi aku agak worry dengan backdrop nya yang biasa banget. Aku tuh ga suka banget gebyok warna putih karena kesannya kayak pake styrofoam! Makanya nanti aku sebisa mungkin ga pake backdrop warna putih. Selain itu, mungkin lokasi mempengaruhi juga ya. Mungkin karena dekornya di Pewayangan, kesan mewahnya jadi kurang dapet huhu. Jadi aku say goodbye deh sama Mbak Ella! :"(

CP: Ella Pesona Alamanda (083872743782)
IG: pesonaalamanda.decor

3. MITRA SEKAR UTAMA
NAH INI DIA YANG DITUNGGU-TUNGGU!! (Udah ketauan kan DP vendor yang mana hahahaha)

Kasusnya sama seperti Pesona Alamanda, Mitra Sekar Utama ini juga ga diagung-agungkan layaknya vendor high class. But, why not trying? :)

Mbak Anti, owner yang waktu itu nangain aku, orangnya baiiik banget. Super cepat juga bales Whatsappnya haha. Sebenernya usaha dekor ini dulu milik bapaknya, tapi setelah bapaknya pensiun, usaha ini dipegang oleh Mbak Anti selaku anaknya. Sebenernya aku ga secara langsung lihat hasil karyanya MSU sih. Kita cuma ketemuan aja di salah satu cafe di Tebet Green dan saat itu dia datang bersama suaminya. Usaha berdua gitu maskudnya. So sweet anyet :3

Kita (aku dan cami) cuma ditunjukin portofolio mereka dari laptop aja. Sebenernya agak worry juga karena belum tentu itu hasil karya mereka kan? Tapi berbekal husnudzon kepada Allah SWT, akhirnya kita bismillah untuk lanjut2 ngobrol lagi. Sama seperti Pesona Alamanda, MSU juga kasih starts from yang sama (50juta) untuk dekorasi standar yang sudah termasuk stage pelaminan dan stage musik. Tapiiiiii, karena aku bujuk sana-sini (karena ternyata MSU akan memulai bisnis wedding service, including catering, dokumentasi, wedding cake, dan WO), akhirnya aku dapet paket dekorasi standar PLUS photobooth beserta kameramen dan cetak foto di photobooth! The best deal ever haha. Kita tinggal nambahin pohon (5juta/pohon) karena cami kekeuh mau pake pohon. Yailah.... (-_-")

Sebenernya aku rada deg2an juga sih, karena kita udah DP 30% (untuk ngikat bonus dan supaya tahun depan ga ikut kenaikan harga), tapi kok kita belum dikasih kuitansi untuk pelunasan DP ya.. Terus kita juga ga diinfoin gitu setiap kali MSU lagi perform.. Huhu sedih ga sih? Padahal kan pengen ninjau juga! Seolah2 Mbak Antinya jadi apatis gitu setelah kita DP. Tapi Bismillahirrahmanirrahim aja deh. Husnudzon aja ke Allah SWT. Kalau memang MSU adalah rezeki kita, pasti MSU akan perform dengan sangat baik. Iya kan, Mbak Anti? :---)

CP: Anti Mitra Sekar Utama (083897775123)
IG: MSU_wedding

Good Luck, us! :--)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar