Jumat, 19 Oktober 2012

PARTISIPATORY ACTION RESEARCH

Alohaaaa~
Ya Tuhan, sudah lama sekali saya tidak menulis di blog! Hahaha galau maksimal deh sampe ga sempet nge-blog! Ngga deng, sibuk banget sih jadinya ya gitu belom sempeeet!

Kali ini gue mau cerita tentang selalu aktivitas selama gue menjadi anak magang di Centra Mitra Muda, Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (CMM-PKBI). CMM-PKBI adalah sebuah youth center dalam divisi anak dan remaja pada kepengerusan PKBI di wilayah DKI-Jakarta. Dengan prinsip dari dan untuk remaja, CMM mempunyai visi untuk meningkatkan status kesehatan reproduksi dan seksualitas serta menjadi pusat rujukan informasi, pendidikan, dan layanan kesehatan reproduksi dan seksualitas bagi remaja di wilayah DKI Jakarta. Salah satu kegiatannya adalah Partisipatory Action Research (PAR).

======================================================================

PAR adalah program kerja sama antara KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) dan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta untuk mengembangkan pengetahuan remaja usia SMA di DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu mengenai kesehatan reproduksi dan seksualitas sehingga mereka bisa menjadi agen perubahan untuk mendiseminasikan pengetahuannya kepada teman-temannya, menghentikan laju penyebaran HIV dan bisa menjadi peer educator di sekolahnya. PAR ke-4 ini dilaksanain tgl 16-19 Oktober 2012 dan diikuti oleh 109 siswa dari puluhan sekolah menengah sederajat SMA di seluruh DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu. CMM dipercaya oleh KPA dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta untuk menjadi EO dalam acara ini.

Well, gue mungkin ga bakalan nyeritain materinya yaa. Bosen jugak kali bok! Jadi gue mau nyeritain kesan dan pesan gue azah yaa gyahahahaha. 

Jadi gue ditunjuk untuk menjadi co-fasilitator di kelompok C yang terdiri dari 35 orang dari 35 sekolah yang berbeda dan dari berbagai latar belakang serta sifat yang berbeda pulak. Emang pada dasarnya gue orang yg mayan cucah bercocialicaci cih ya, jadinya hari pertama (isinya full materi & sometimes i see the boredom & the sleepyhead of them! HAHA) gue hanya jadi notulensi yang baik hati dan tidak sombong. Gue palingan ngebantu Kak Martha dan Mas Hendra yang jadi partner gue dalam meng-handle kelas itu. Well, that far, hari pertama bisa dibilang gue MAGABUT! Hahahahaha kasian ya anak-anak kelompok C soalnya gue belom makzimal!

Nah, hari kedua nih gue udah mulai PANAZ! Hari kedua ini hari terserunya PAR menurut gue! Hhahaha. Dimulai dengan materi terakhir tentang komunikasi efektif, setelah itu kita semua ikut outbond! Walopun otbonnye kage jelas, nyang penting zeru! :D
Jadi kelompok C ini dipisah menjadi dua kelompok, C1 dan C2. Nah gue mendampingi mereka selama permainan ini. Yah ibaratnya, di sinilah mereka melihat seberapa RUSAKnya fasil mereka (baca: gue)! Hahaha.

Kita seseruan bareng, panas-panasan bareng, lelarian bareng, protes bareng, kesel bareng, bikin yel-yel yang memplesetkan dari yel-yel fakultas tercinta gueFKM UI (a credit to BEM FKM UI, especially for Clara Gizi UI 2009). Gue mengubahnya jadi begini GO, KLOMPOK C! GO GO, KLOMPOK C! AAW! GO, GO KLOMPOK C! AAW! Dengan suara AAW yang melengking seperti para cheerleaders hehe. Otbon berakhir di kolam renang. Seru banget deh karna setelah acara selesai, ternyata si fasil kece ARA KOSWARA nyetel lagu Gangnam Style. Jadilah kolam renang Indoor itu berubah menjadi diskotik dadakan dengan ratusan orang saling dorong-mendorong ke dalem kolam. Gue pun menjadi bulan-bulanan anak klompok C dengan dimasukkin ke kolam berkali-kali! MAKASIH YA DEK! MAKASIH BANGET! Hahahahaha.







Setelah seseruan di otbon, saatnya kita mempersiapkan dulu untuk malam ekspresi! Nah di sinilah inti dari kekompakkan (atau kehokian?) Kelompok C! Padahal kita ngerancang dramanya itu cuma 1 jam, belom sempet rehearsal, blocking dan sebagainya! Gue aja sempet pesimis kalo Kelompok C bakalan gatot alias gagal total. Memang ga semua terlibat sih, ada beberapa siswa yang dieeeeeeeeeeem aja kerjaannya padahal udah gue semangatin, gue ajak ngobrol, gue sapa terus, eee tapi tetep aja. Kita juga sempet Dance4Life bareng sekelas, nyanyi bareng, belajar shuffle dance, bikin properti drama biar kocak, dsb. Kekeluargaan banget nih saat di sini. Bahkan kita terkurung hujan dan ga bisa balik ke ruang utama. 

Well, ready or not the show must go on! Akhirnya setelah briefing yang syuper dyuper brief dan berdoa sebelum masuk ruang utama, kita dengan pede dan riang gembira masuk tuh! Buahahahaha pake segala nge-dance gajebo -_-

Ohya secara umum, yelyel Kelompok C tuh kayak gini:
(Pake lagu Cucok Rowo) 
Klompok C 3x
Klompok gue yang paling kece
Fail-fasilnya oke
Anak-anaknya rame
Kalo bergaye, duh aduh gile~
Go! Klompok C!
Go, go, Klompok C!
AAW!

Go! Klompok C!
Go, go, Klompok C!
AAW!

Akhirnya tiba saatnya penampilan Klompok C setelah sebelumnya ada penampilan dari Klompok A. Deg-deg zer ruar biaza boooooooooooookkkk!!!! But, GUESS WHAT?! THEY DID A SUPER GREAT JOB! Jalan ceritanya sangat masuk akal, sesuai dengan materi, penampilan para talent yang sangat all-out dan improvisasi tinggi, serta ending yang sangat solutif! Gue bahkan sampe nangis ngeliat akting anak-anak gue dooong!! Bahkan katanya gue yang lebih heboh dibandingkan mereka! Gue terharu berat! Gue mau ucapin THANKS BANGET buat ketua kelas Fahmi, sutradara Murni, 3 talent utama (Rista, Adrian, dan Yoga), para talent teler (Wildan, dll -lupa-maap), para dancer (Bachtiar, Agni, dan Fahmi), para entertainer (Ola, Fahmi, Aghni, dsb), para pengatur blocking, POKOKNYA SEMUA! Atas idenya yang luar biasa spektakuler. Satu hal yang perlu kalian tau: gue bener-bener nangis. Nangis terharu! ;")







The tears of happiness!

Setelah mempertunjukkan zezuatu yang zangat menghibur, akhirnya kita masuk ke hari ketiga. Inti dari acara hari ketiga adalah pembuatan RTL (rancangan tindak lanjut) di mana para siswa diminta untuk menuliskan apa yang akan mereka lakukan setelah keluar dari pelatihan ini, pembacaan pemenang, dan penutupan. Nah, yang ditunggu-tunggu datang juga nih, PEMBACAAN PEMENANG! Selamat kepada Yoga dari SMA 6 yang telah menjadi peserta terbaik dari Kelompok C. Gue dan Kak Martha memilih dengan sangat obyektif kok jadi tenang saja! Walopun Yoga belum berhasil jadi peserta terbaik umum, it's not a problem! ;)
Outbond ga ada yang menang dan kalah gara-gara banyak kesalahan teknis dan kecurangan di sana-sini, akhirnya semua kelompok 'dianggap' sebagai pemenang hahaha. Fair enough. Lalu, peningkatan nilai tertinggi diraih oleh Yusmadi dari madrasah manaaa gitu hehe. Paling tinggi seangkatan malah karena nilainya naik 30 poin, dari 50 menjadi 80.
Nah, kategori yang ditunggu-tunggu nih, yaitu kategori malam ekspres terbaik! Juara yang pertama kali disebutkan adalah  kelompok B. Begitu MC membacakan juara pertama malam ekspresi adalah kelompok C, sorak sorai AAAAAAAAAAAAAAAAWWW!!! sangat menggelgar di ruang besar! Haahahahah. Emang deh anak gue yang paling keren kaaaaan!! :D

=======================================================================

Well, sebenernya ceritanya ga se-brief itu. Kita juga cerita-cerita kok, tentang masa lalu, tips-tips, ini, itu, dan sebagainya. Tapi terlalu istimewa rasanya kalau harus tertulis di sini. Biarlah itu menjadi memori di ingatan masing-masing. Kita juga masih bisa keep in touch dengan mereka via Twitter, SMS, BBM, email, telepon, dsb. Bahkan ada beberapa anak yang masiiiih SMSan dan BBMan sama gue sejak pulang dari Griya Astoeti! Hahaha. Keep communicating ya guys!
#hazek

I LOVE #PAR4, BUT I LOVE KLOMPOK C MORE! :D






























TERIMA KASIH BANYAK KELOMPOK C YANG NAMANYA TIDAK BISA DISEBUT SATU PERSATU. SEMOGA KITA BISA BERTEMU LAGI. AAMIIN YA ALLAH.
WE ARE AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAWWW! :D


Closing Statement:
TUH KAN, ANAK 6 DAN 70 BISA AKUR DAN KOMPAK KAN! :")




Tidak ada komentar:

Posting Komentar