Minggu, 25 Oktober 2015

Choosing Vendor: Makeup Artist and Wardrobe Rental

ALOHAAAAAAAA, KEMBALI LAGI BERSAMA SAYAAA!

Aku udah janji ya mau review makeup artist tapi lupaaaaa melulu hehe. Sebenernya bukan lupa sih, tapi lebih kepada malas merangkai kata-katanya. Pembaca kan nyaman baca tulisan kita kalau rangkaian kata tersusun dengan baik. Nah kalo lagi ga ada ide buat merangkai kata, yang mending nanti-nanti aja nulisnyaaaa hihi.

-----

Kay, back to topic. Sanggar rias.

Sebagai tokoh utama yang akan dipajang selama kurang lebih 2 jam, pasti dong kita sebagai capengwati ingin tampil secantik mungkin dengan riasan yang sempurna. Ga mau kan kita tampil dengan makeup yang pecah-pecah bak tanah tandus di musim kemarau? Soalnya aku sering ngeliat makeup pengantin yang seperti itu.... Di kamera sih bagus2 aja yah keliatannya, tapi begitu kita bersalaman dari jarak dekat, aduh ibuuuuuk siapa sih yang makeupin..... huhu. Semoga kita semua terhindar dari sanggar rias yang kurang apik yaaaa. Aamiin ya Allah!

Aku sebenernya agak shock juga ya ngeliat price list sanggar rias, ternyata muahal juga boook!! Aku sampe pusing banget dan hampir nyerah untuk pake sanggar rias yang biasa aja. Tapi, kalau mengingat tampilan tanah tandus tadi, aku jadi merinding sendiri..... Nih yaa, aku review beberapa vendor sanggar yang udah pernah kudatangi langsung ke sanggar dan fitting kebayanya.

DIAMOND WEDDING SERVICE
Aku direkomendasikan sanggar ini dari temen kantorku yang dulu nikahannya pakai Diamond. Katanya riasannya baguuuus dan haluuuus. Matanya tajem banget! Wajar ya, soalnya yang punya orang Arab gituuu. Ngertilah yaaa kalau Arab kan identik dengan bold eyes yang menawan.

Aku sempat main ke show room nya di kawasan Pejaten. Gede, bersih, dan koleksinya buanyaaaakkkk buanget! Udah gitu harga yang ditawarkan juga bersaing bangeeeetttt. Ih bisa dibilang paling murah dibandingkan kompetitor tapi dengan kualitas luar biasaaa! Ada 3 paket rias yang ditawarkan, kalau kita ambil paket yang Exclusive, kita bisa memakai makeup artist yang paling favorit di situu, yaitu Mas Deni atau Mbak Yani. Ciamik!

Nih ya, dengan harga Rp16.500.000 (paket ekslusif, yang paling mahal), kita udah bisa dapet:
1. Rias dan busana pengantin 1 pasang.
2. Rias, kain ibu pengantin, & busana 2 orang.
3. Busana bapak pengantin 2 orang.
4. Rias dan busana penerima tamu 6 orang.
5. Rias, kain among tamu (Pr) + busana 8 orang.
6. Busana among tamu laki 8 orang.
7. Rias+busana pengantin akad 1 pasang.

ITU BENAR2 PAKET KOMPLET YANG HAMPIR MUSTAHIL ADA DI KOMPETITOR! Biasanya kompetitor tidak menyediakan busana akad untuk cpw, tidak menyediakan kebaya untuk ibu pengantin, tidak menyediakan busana among tamu, dan penerima tamu cuma boleh 4 orang. Tapi di Diamond ini, mereka menawarkan sesuatu yang tidak ditawarkan oleh Kompetitor tapi dengan harga yang jauh di bawah kompetitor. Udah gitu, kalau kalian tidak mau memakai salah satu yang ada di paket (misal busana akad mau bikin sendiri ajah), kita BISA mengalihkannya ke hal lain (misalnya tambahan rias+busana utk among tamu) asalkan harganya sama dengan hal yang kita drop dalam paket. WHICH IS CARA TERSEBUT TIDAK PERNAH DILAKUKAN OLEH KOMPETITOR KARENA MEREKA BIASANYA GA MAU RUGI!! Huhuhuhu. Diamond emang luar biasa deh. Tidak mengurangi takaran. Prinsip jualan dalam Islam banget yaa :--)

Koleksi bajunya juga beeeeuh banyak buangeeeet dari yang tradisional sampai internasional adaaaa semuaaaa!!!!

Tapi sayangnya bundaku ga sreg sama riasannya huhu. Padahal kan yang namanya riasan bisa disesuaikan dengan selera yaaa.. Kalau ga mau bold eyes, ya tinggal minta aja ke MUA nya supaya di-soften sedikit.. Tapi ya udahlah... Bunda ga setuju ya aku terima aja.. Bye Diamond!

Diamond Wedding Service
Catering | Wedding Decoration | Bridal Makeup | Wedding Gown | Event Organizer
Jalan Amil Raya No.60, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
Tel. (021) 798 47 46/7918 40 74

SANGGAR MIAROSA
Ini diaaaaa sanggar yang lagi naik daun di kalangan wanita muslimah berhijaaaaaab! Bagaimana tidak? Portofolio Miarosa terbaru didukung oleh riasan yang begitu ciamik, kebaya dan hijab-do yang begitu modern, dengan (pastinya) model yang rupawan. Yaaaa, mungkin kalau modelnya aku, Miarosa ga akan selaku itu kali yaaa hahahahahaha.

Iseng-iseng nih main ke sanggar Miarosa yang terletak di Pondok Bambu Jakarta Timur which is deket dari rumahku. Sanggarnya besaaaar dan elegan dengan ada tulisan MIAROSA di balkon rumahnya. Begitu masuk, aku langsung ketemu dengan marketingnya yang supeeeer ramah dan detail. Salah satu keunggulan Miarosa, kita boleh nih fitting baju walaupun belum DP, tapi ya maksimal cuma boleh 2 baju dan NO PHOTO! Lumayan, soalnya kalo di Diamond kita ga boleh fitting kalau belum DP..

Cuss lah aku nyoba 2 baju yang warnanya biru langit gitu. Ih pokoknya bingung deh milih yang mana soalnya Miarosa punya banyak warnaaa. Tapi ternyata bener sih yang direview sama capeng lain, ready stock nya Miarosa sudah tua gitu jadi yaaaa banyak yang udah jebol gitu jaitannya.... Tapi Wallahualam sih, siapa tau nanti bakal dijait lagi kan sebelum hari H?

Mau share paket termahal Miarosa yaa, nama paketnya adalah PAKET DIAMOND EXCLUSIVE PLUS. Harga per-2015 adalah Rp21.500.000 (wallahualam udah naik atau belum).
1. Sepasang busana akad
2. Sepasang busana pengantin resepsi
3. Makeup & hairdo pengantin akad
4. Makeup & hairdo pengantin resepsi
5. Makeup & hairdo ibu pengantin
6. Kain ibu pengantin 2 orang
7. Beskap/demang bapaknpengantin 2 orang
8. Makeup & hairdo penerima tamu 6 orang
9. Busana dan kain penerima tamu 6 orang
10. Makeup & hairdo among tamu 8 orang
11. Kain among tamu wanita 8 orang
12. Demang/beskap among tamu pria 8 orang

Lengkap buanget ya? Kalau kamu ga mau sewa busana akad, ada PAKET DIAMOND EXCLUSIVE FULL seharga Rp18.500.000. Benefit sama seperti di atas, tapi minus busana akad.

Mayan bagus dan kompetitif sih, tapi sejujurnya aku kurang sreg aja sama Miarosa. I dont have that "click" as I have for Diamond. Jadilah aku ga make Miarosa. Bye, Miarosa! :--)

MIAROSA
Sanggar Rias dan Busana Pengantin (Tradisional dan Modern)
Jalan Pondok Bambu Asri Raya No.6, Pondok Bambu, Jakarta Timur 14340
Telp. (021) 8661 2552, 938 744 67
HP 0878 8208 6243

LYZARAE
Sesungguhnya memang vendor ini kurang banyak direview ya, tapi sudah cukup sering ikut pameran koook. Dan memang istilah "tak kenal maka tak sayang" itu benar adanyaaa! SUNGGUH YA COBA MAIN DULU KE SANGGARNYA yang di daerah Kayu Putih. Itu dari luar tampak sederhana bak rumah biasa, tapi dalemnya maaaak aduhai mewah banget keliatannyaaa. Emang ga terlalu gede sih tempatnya, tapi display kebayanya bikin keliatan mewaaah banget. DAN KOLEKSINYA BANYAK BANGET. Kamu bisa primary survey ke website di www.lyzarae.com untuk melihat koleksi kebayanya. Dijamin ileran! Hihi.

Di mari kamu juga boleh langsung fitting 2 kebaya walaupun belum DP dan KAMU BOLEH FOTO-FOTO! Hihihi. Banyak banget kebayanya Lyzarae yang berani main warna tapi tetap keliatan elegan loh! Aku aja waktu itu coba warna biru yang ada perpaduan ungu dan pink nya. Awalnya kupikir bakal jadi kayak penyanyi dangdut, tapi ternyaya kusalaaah! Hasilnya baguuusss bingit. Aku juga coba warna Merah-Putih sih, tapi kurang sreg ah berasa bakal digeret ke tiang bendera (-____-")


Hasil makeupnya juga bagus koook. Tapi kalo mau dirias langsung sama Ibu Lyza (jangan ketuker sama toko sebelah, yang ini pake "Y" hihi), ada tambahan Rp5.000.000 huwaaaaaa cuapek deh.

Paket yang paling lengkap adalah PAKET D dengan biaya Rp21.000.000 dengan rincian sebagai berikut.
1. Makeup & hairdo pengantin (akad & resepsi)
2. Aksesoris pengantin
3. Bunga (bouquet mungkin ya?)
4. Sewa kebaya & beskap (akad & resepsi)
5. Makeup, hairdo, & kain ibu pengantin 2 orang
6. Beskap bapak pengantin 2 orang
7. Makeup, hairdo, & kain pagar ayu 6 orang
8. Beskap pagar bagus 6 orang
9. Makeup, hairdo, dan kebaya penerima tamu 4 orang

Kalau ditimbang bibit, bebet, dan bobotnya, dengan harga beda Rp500.000, benefit yang kita dapat di Miarosa lebih banyak dibandingkan di Lyzarae. Tapiiiii, Miarosa kalah jauh banget dari segi kualitas kebaya! Ih yang ini mah bisa kali disejajarkan dengan Ancha Wedding.. Pernah liat koleksinya Ancha Wedding? Go follow him on Instagram (@anchawedding) and be amazed just like me!

LYZA RAE
Makeup Artist and Kebaya
Jalan Kayu Putih Tengah Raya 85, Jakarta 13260
Telp. 021 7088 8242 - 0818 0884 8881
Email info@lyzarae.com

SANGGAR LIZA
SIAPA SIH YANG GA TAU SANGGAR LIZA? Well, sebenernya emak aku dan emak cami kaga tau Sanggar Liza. Namun, pada suatu hari di sebuah wedding expo di Balai Kartini, 2 emak iti tiba-tiba terpesona dengan transformasi kecantikan yang ditawarkan oleh makeup artist Sanggar Liza yang tidak lain dan tidak bukan adalah hasil karya Ibu Liza, Mbak Reny Liza dan Fitri Liza (anak kandung Ibu Liza yang pastinya akan meneruskan kejayaan Sanggar Liza), serta Mbak Ami yang dulu adalah asistennya Ibu Liza dan sekarang sudah dilepas oleh Ibu Liza untuk menjadi makeup artist senior di Sanggar Liza.

Dihadapkan pada pilihan antara Diamond atau Liza, emak aku langsung menyuruh saya DP Liza saat itu juga hahahaha. Ya ampun, cita-citaku banget buat make Sanggar Liza dan ternyata Allah mengabulkan suara hatiku yang terdalam ini. Hiks hiks Allahu Akbar.. Yaaaaa, walaupun pada tanggal nikahanku, makeup artist yang available tinggal MBAK AMI saja saudara-saudara.... Ibu Liza, Mbak Reny, dan Mbak Fitri sudah fully booked! Parah banget sih ini capeng-capeng.... Pada DP dari berapa tahun sebelumnya sih?!?!?! Hahahahahaha.

Yaaaa alhamdulillah juga sih karena paketnya Mbak Ami itu paket yang paling muraah. Paket paling mahal jelas, yaitu jika ingin dirias oleh the one and only Ibu Liza.. Paket sedang jika ingin dirias oleh Mbak Reny / Mbak Fitri.. Berikut ini adalah rincian PAKET SILVER yang aku ambil.
1. Tata Busana pengantin ready stock untuk resepsi.
2. Tata Rias pengantin untuk akad.
3. Finishing rias pengantin untuk resepsi.
4. Aksesoris pria dan wanita untuk akad dan resepsi.
5. Makeup & hairdo untuk ibu mempelai.
6. Tata busana orang tua untuk akad dan resepsi (tanpa kebaya dan selop).
7. Tata rias dan busana penerima tamu 4 orang.
8. Tata rias dan busana among tamu 6 orang (tanpa kebaya dan selop)
9. Tata busana among tamu pria 6 orang.

Setelah DP baru deh kita tau kekurangan-kekurangan dari paket ini... Contoh yang paling nyata adalah ternyata KEBAYA READY STOCK Liza jelek-jelek banget... Warnanya monoton di kisaran gold dan koleksi lama gitu jadi keliatan banget jadulnya..... kalo mau sewa kebaya yang lebih baru, dikenakan biaya bervariasi antara 1 juta hingga 6 juta... Paket ini pun belom termasuk kebaya akad loh, padahal sanggar lain udah sama kebaya akad dan kebaya resepsi yang bebas pilih mana aja, mau baru ataupun lama (kecuali sewa perdana, pasti di mana-mana harganya jauh lebih mahal). Yah jackpot deh, kebaya yang aku mau nambah 4,5 juta lagi huhuhuhu....

Udah gitu kelemahan lainnya adalah, selain pengantin, orang-orang yang akan dirias MESTI BAWA KERUDUNG DAN AKSESORIS SENDIRI. Yailah ibuuuuuk ketimbang pinjemin kerudung dan aksesoris pedit amat siiiiiiiih... Udah gitu kaga dipinjemin selop jugak, Subhanallaaaah.... PR lainnya adalah kita HARUS DEPOSIT SATU JUTA RUPIAH sebagai garansi. Jika tidak ada kerusakan kebaya-kebaya yang dipinjam, uang akan dikembalikan kira-kira seminggu kemudian. DAN, MEREKA MINTA DIJEMPUT JAM 5 PAGI DENGAN 2 MOBIL SEUKURAN AVANZA. Yes, disebutkan jenisnya jugak.. Well, emang beda perlakuan kali ya kalo vendor kelas atas cem begini? Untung waktu itu deal di pameran jadinya dapet free test makeup dan cashback sebesar Rp1.500.000.... "Nikmat Tuhan Mana lagi yang engkau dustakan?"

Sneak peek to the fitting:






Which one is better? Hihi. Sebenernya aku masih kepingiiiin banget nyewa kebaya di Ancha Wedding, tapi apa daya doku tak kuasaaa. Tapi sungguh aku pernah melihat manten di Sasana Kriya yang periasnya adalah Sanggar Liza tapi dia pakai kebayanya Ancha Wedding. Itu ya, Masya Allah, luar biasa indaaaaah banget huhu.

SANGGAR LIZA
Wedding Organizer, Boutique, Photography
Jalan J No.7 & 29, Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan
Telp. 021 8299 280, 7088 6580.
Email sanggarliza@gmail.com

SANGGAR ARABELLA
Sangga Arabella apa sih? Jadi Sanggar Arabella ini adalah salah satu last choice untuk sanggar rias dengan harga miring tapi kualitas Oke. Dia juga punya cukup banyak review dan harganya memang benar terjangkau. Waktu itu aja aku dapet bonus SEWA PERDANA. Plis banget, kapan lagi bisa sewa perdana dengan harga yang jauuuuh lebih murah? Makeup nya juga yaaaa not bad laaaaah. Tapi aku tetep harus test makeup dulu sih ya, mana tau kan di kamera bagus ternyata aslinya....hiiiiii.



Tapi yaaah, karena sudah DP Sanggar Liza, berakhir sudah pencarian sanggar rias aku.

Alhamdulillah :---)

See you on the next post, bridezillaaaaas!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar