Senin, 25 Januari 2010

S for Scholarship

ya, seperti judulnya, gue sekarang mau cerita tentang beasiswa yang gue dapet :D
FYI, nama beasiswanya itu Beasiswa Unggulan Depdiknas


awalnya, gue sama sekali ga kepikiran nyari beasiswa. karena gue pikir, kalo mau dapet beasiswa kan hrs banyak prestasi, sedangkan ane? ngahaha dapet sertifikat kemenangan aja cm satu -_-
malahan bokap gue yang jor-joran nyari tau tentang beasiswa.

akhirnya, bokap gue nemuin ada beasiswa di Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas).
gue diambilin formulir sm bokap gue dan disuruh melengkapi persyaratannya.
gue ga nyangka banget nih bakalan dapet ini.
kenapa? karena formulirnya aja gue isi asal"an ngahaaha. abisan banyak yg aneh. bayangin aja! masa gue harus ngisi gue akan buat di skripsi nanti. heeeeeeeeeey, i'm still in first teeeerm! i know nothing about college world! akhirnya ga gue isi dah tuh zz.
trus yg tentang prestasi apa aja yg udah gue dapet. gue tulis sih di formulirnya, tp gue ga ngelengkapin buktinya ngahahaha mana gue tau kalo disuruh pake bukti. trus disuruh lampirkan foto kopi buku tabungan, tp ga gue lampirin. pokoknya banyak banget deh syarat" yg ga gue lampirin. makanya gue udh hopeless aja nih ga dapet.

tp Alhamdulillaah, dapet juga :)
emang ga seberapa sih yg gue dapet, Rp40.750.000,00
kenapa gue bilang ga seberapa? karena BOP gue Rp7.600.000,00!! makanya gue mau mengajukan BOPB buat term" selanjutnya. lagian saat ini keluarga sedang diuji masalah keuangannya. mudah"an keluarga gue bs sabar :)

okay itu sekilas tentang suka-duka gue mendapat beasiswa.
sekarang gue bakalan jelasin tentang beasiswa itu sendiri. ini akan sedikit panjang. tp siapa tau tahun depan kalian bisa mendapatkannya seperti saya. Amin ...

CIMB Niaga bekerja sama dengan Depdiknas menyediakan beasiswa untuk biaya pendidikan dan biaya hidup SAMPAI LULUS buat para mahasiswa/i yang sangat berprestasi.
kenapa sangat berprestasi? karena yg berhak mendapatkan beasiswa tersebut hanyalah orang" yg punya prestasi segudang dan kalo bisa prestasinya sudah diakui tingkat internasional.
Mahasiswa/i tersebut akan mendapatkan fasilitas LAPTOP 14" DELL, biaya pratikum & penelitian, biaya pembuatan skripsi / tesis / disertasi, biaya pendidikan & biaya hidup sampai Lulus


jadi prosedurnya begini, CIMB Niaga memberikan sejumlah dana kepada Depdiknas untuk diberikan kepada mahasiwa/i yg terpilih. namun, pada kenyataannya, dana tersebut masih bersisa. dari pada 'dimakan' oleh para pejabat Depdiknas, akhirnya Depdiknas memberikan 'sisaan' tersebut kpd mahasiswa/i yg berprestasi, tp prestasinya tidak terlalu banyak & tidak terlalu bergengsi. karena cuma 'sisaan' Depdiknas tidak memberikan beasiswa full, tp hanya beasiswa biaya pendidikan, itu pun tidak sampai lulus. beasiswa ini bernama BEASISWA UNGGULAN (beasiswa inilah gue dapet). pihak Depdiknas menentukan berapa beasiswa yg akan diberikan dengan melihat prestasi dan biaya pendidikan masing-masing mahasiswa.
oleh karena itu, beasiswa yg gue dapatkan dengan teman gue yg di Unibraw pasti tidak sama. kenapa? karena biaya kuliah gue Rp7.600.000,00 , sedangkan dia hanya Rp600.000,00 persemesternya.
no offense, ini hanya untuk perbandingan.

persyaratan untuk tetap menerima beasiswa ini adalah
1) IP HARUS SELALU DI ATAS 3 (utk Beasiswa Unggulan, IP 3 < x < 2,75 dipotong 50%)

2) tidak boleh menerima beasiswa lain selama beasiswa ini masih berlaku
3) menulis artikel di koran terkemuka di Jakarta (co: Media Indonesia) tentang bidangnya masing" & harus mengikutsertakan nama beasiswa ini
4) harus selalu melampirkan printscreen IP setiap semester

tertarik? give it a try, Bloggers!

i wish you luck :)
happy trying
foto" tentang penandatangan sertifikat beasiswa akan gue post-kan di next post yaaa

haven't understood? or, wanna know much more about this? 
just leave a comment or talk to me personally :)



-see ya-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar